suryawijaya.com

suryawijaya.com
Cayman Family Roots Names Data Base Sales

Kamis, 04 Agustus 2011

Kendaraan Bermotor bagian ke-2


ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR

Faktor2 underwriting dlm penutupan asuransi kendaraan bermotor :
1. Detail of proposer (rincian calon tertanggung) / moral hazard :
 Nama & alamat
utk mengidentifikasikan tertanggung & alamatnya, juga digunakan sbg petunjuk ttg wilayah resiko
 Usia tertanggung jika tertanggung individu
Pengemudi remaja memiliki tingkat kecelakaan yg lebih besar dibanding dgn pengemudi dewasa.
Orang yg berusia melampaui usia pensiun lebih cenderung mendpt kecelakaan lebih banyak dibanding dgn orang yg masih bekerja, karena orang yg berusia lanjut sering mendpt gangguan fisik dan mental.
 Kedudukan / pekerjaannya
Ch : pegawai kantor, buruh pabrik, dll
 Kegiatan2 lain diluar pekerjaannya
Ch : melakukan balapan di hari libur, sport di sore hari

2. Detail of Vehicle (rincian mengenai kendaraan) / physical hazard :
 Model
 Jumlah tempat duduk
 Penggunaannya
 Usia kendaraan
 Nomor chasis
 Harga pembelian
 Harga pasar saat akan dipertanggungkan
 Apakah ada modifikasi pd kendaraan, jika ada harus diuraikan
 Apakah ada garasi kendaraan di rumah

3. Ownership of the vehicle (kepemilikan kendaraan)
Calon tertanggung harus menyebutkan mengenai kendaraan tsb apakah dibeli lunas atau masih kredit atau dlm suatu perjanjian sewa beli. Hal ini perlu diketahui agar penanggung dpt mengetahui kpd siapa pembayaran ganti rugi akan dibayarkan dlm hal terjadi total loss. Jika kendaran masih dlm kredit atau sewa beli, maka penanggung akan membayar kpd perusahaan penjualan atau dealer sejumlah kredit yg belum dilunasi & sisanya akan dibayarkan kpd tertanggung.

4. Use(s) of the vehicle (penggunaan kendaraan)
Penggunaan kendaraan sangat perlu diketahui karena dpt mempengaruhi besar kecilnya resiko yg mungkin dpt terjadi. Ch : kendaraan komersil, pengangkut barang mempunyai resiko yg lebih besar dibanding dgn kendaraan pribadi.

5. Cover required (penutupan yg diinginkan)
Proposer dpt memilih penutupan yg diinginkan :
 Comprehensive
 Third party, fire & theft
 Third party only

6. Driver & their experiences (pengemudi & pengalamannya)
Proposer harus menyebutkan nama pengemudi yg menggunakan kendaraan sehari2.
Data2 driver yg perlu diungkapkan :
 SIM yg dimiliki driver
 Sudah berapa lama SIM itu dimiliki
 Apakah driver ada gangguan fisik atau mental
 Apakah driver pernah ditahan SIM nya utk jangka waktu tertentu karena pelanggaran atau menabrak orang atau harta benda orang lain

7. Period of insurance (periode penutupan)
Jangka waktu polis pd umumnya 1 thn, tapi proposer dpt menggunakan jangka waktu pendek (short period) yg dimaksudkan utk penyesuaian dan selanjutnya diperpanjang dgn jangka waktu 1 thn

8. Insurance & claims history (sejarah penutupan asuransi & klaim)
Proposer harus memberitahu apakah penanggung lain pernah menolak proposal asuransinya, atau polis dibatalkan atau renewal polisnya ditolak atau dikenakan suatu persyaratan khusus. Proposer juga harus memberitahukan apakah ada driver yg pernah mengalami kecelakaan atau mengajukan klaim dlm waktu 3 thn terakhir

Tindakan underwriting yg dpt diterapkan oleh penanggung utk meminimisasi tingkat kerugian dlm asuransi kendaraan bermotor :
1.Load the premium (beban premi)
Penanggung memberikan premi tambahan jika data statiskik memperlihatkan hal yg tdk baik dlm penutupan sebelumnya
2.Restrict the cover (pembatasan jaminan)
Penanggung akan membatasi jaminan apabila data statistik memperlihatkan hal yg tdk baik dlm penutupan sebelumnya. Ch : sebelumnya comprehensive karena hasilnya kurang baik maka dlm renewal polis dibatasi menjadi third party, fire & theft atau Third party only
3.Restrict the driving (pembatasan pengemudi)
Penanggung membatasi pengemudi yaitu orang2 yg namanya disebutkan dlm polis
4.Impose on increase an excess (Penambahan OR)
Penanggung dpt menaikkan excess atau retensi sendiri, misalnya dari $100 menjadi $200 dgn demikian tertanggung akan lebih hati2 dlm mengendarai kendaraannya

Cover note adalah surat / dokumen sementara pengganti polis sebelum polis diterbitkan
Cover note berisi :
 Pernyataan tertanggung utk menyetujui syarat & kondisi polis
 Tgl & saat berlakunya jaminan
 Masa berlakunya cover note umumnya 30-60 hari
 Nama & alamat tertanggung
 Penggunaan kendaraan
 Syarat2 khusus, seperti batasan pengemudi, dll
 Pernyataan bahwa cover note tsb dikeluarkan utk memenuhi ketentuan UU
 Syarat pembatalan umumnya 24 jam sejak pemberitahuan diberikan

Knock for knock agreement
Suatu bentuk kerja sama saling pikul resiko antara para asuradir anggota DAI dimana jika terjadi kerusakan/kerugian akibat tabrakan maka asuradir bertanggung jawab atas kerugian yg dialami oleh masing2 nasabahnya tanpa meliahat siapa yg bersalah.
Potongan resiko sendiri dibayarkan oleh pihak yg bersalah sbg TJH pihak ke III
Kendaraan yg masuk KFKA adalah : semua jenis kendaraan sbg objek pertanggungan kecuali taxi, mobil penumpang sewaan, bus umum sewaan, truk sewaan, motor/scoter.

Certificate of motor insurance :
Sertifikat dimana polis selain manjamin kendaraan bermotor yg dipertanggungkan juga diperluas dgn jaminan mengendarai kendaraan yg lain.
Penanggung menyimpan catatan certificate yg dikeluarkan sekurang2nya 1 thn setelah berakhir masa berlakunya sertifikat tsb

Topic utama certificate :
 Cap pendaftaran kendaraan
 Nama pemegang polis
 Tgl mulai berlakunya asuransi
 Tgl berakhirnya asuransi
 Orang2 yg berhak mengemudi
 Batasan pemakaian

Dlm hal terjadi pembatalan polis, pemegang polis harus mengembalikan sertifikat asuransi tsb kpd penanggung dlm waktu 7 hari sejak tgl pembatalan polis & apabila hilang maka pemegang polis wajib memberitahukan kpd penanggung & mengisi formulir yg disediakan yg berisi ttg alasan2 kehilangan sertifikat asuransi tsb.

Cancellation
Penanggung dpt membatalkan polis dgn mengirimkan pemberitahuan tertulis kpd tertanggung & berlakunya pembatalan 7 hari sejak tgl pengiriman pemberitahuan. Dlm hal pembatalan dari penanggung, maka penanggung wajib mengembalikan premi secara prorata utk jangka waktu yg belum berjalan.
Pertimbangannya :
 Hasil underwriting yg buruk & tdk ada tanda2 perbaikan
 Adanya pelanggaran utmost good faith yaitu menyembunyikan fakta atau memberikan keterangan palsu

Maintenance & examination
Tertanggung harus selalu memelihara kendaraannya seolah2 dia tdk mengasuransikan kendaraannya itu dan apabila diperlukan maka penanggung barhak utk melakukan pengujian terhadap kendaraan itu.

Dokumen2 yg harus diserahkan apabila terjadi klaim :
 Laporan kecelakaan/kerugian dari tertanggung, berupa formulir khusus yg biasanya telah disediakan oleh penanggung
 Berita acara pemeriksaan
 Foto copy SIM dari pengemudi
 Asli BPKB & faktur pembelian kendaraan utk total loss
 Asli STNK utk total loss, utk partial loss hanya foto copynya saja
Dlm hal ada pihak ke III yg bersalah :
 Copy surat tuntutan tertanggung kpd pihak ke III tsb
 Copy surat pengaduan/laporan kpd pihak yg berwajib ttg adanya kerugian akibat pihak III
 Surat tuntutan dari pihak ke III kpd tertanggung dlm hal kerugian TJH pihak ke III

The Green card system
Suatu sertifikat asuransi motor yg sudah mendpt pengakuan internasional yg biasa digunakan di negara2 eropa yg bertujuan memberikan jaminan kpd pengendara yg berkunjung ke suatu negara lain apabila terjadi kecelakaanbadan pd pengendara & pihak ke III atau kerusakan materi pd pihak ke III maka pembayaran klaim akan dibayarkan oleh biro yg ada pd negara tsb kemudian akan dimintakan kpd biro di negaranya.

Private car Insurance
Kategori kendaraan pribadi :
 Kendaraan penumpang dgn kapasitas max 12 penumpang termasuk sopir
 Kendaraan yg digunkan utk tujuan sosial, domestic, pesiar, bisnis tertanggung sendiri kecuali utk pengangkutan barang2
 Self propelled caravan

Ex gratia adalah Pembayaran ganti rugi atas dasar kebaikan bukan atas dasar kewajiban kontrak
Pembayaran ex gratia disebabkan antara lain:
 Menjaga hubungan baik dgn tertanggung
 Tertanggung merupakan nasabah prima
 Tanggung jawab penanggung meragukan
 Kerugian terjadi karena kealpaan yg murni

Type of cover di Inggris
1. Road Traffic Act Cover
 Luka badan atau kematian pihak ke III
 Kerusakan harta benda pihak ke III
 Biaya2 penuntut dlm menangani klaim
 Biaya pengobatan darurat
 Biaya2 RS
 Semua kejadian harus berada di jalan umum

2. Third party cover
 Memberikan ganti rugi kpd pemegang polis atas kecelakaan yg terjadi selama mengendarai kendaraan, kendaraan yg bukan miliknya atau kendaraan yg disewanya
 Memberikan ganti rugi kpd seseorang yg mengendarai kendaraan atas perintah / seizin pemegang polis
 Memberikan ganti rugi kpd penumpang
 Memberikan ganti rugi kpd pegawai atau sahabat pemegang polis
 Memberikan ganti rugi atas biaya2 hukum

3. Third party, fire and theft cover
 Rusak terbakar, disambar petir, ledakan
 Rusak karena ada usaha pencurian
 Dicuri & tdk dpt diketemukan kembali termasuk pencurian spare parts & asesoris

4. Comprehensive

Type of cover di Indonesia :
1. Comprehensive
2. TPL only

Pengelompokkan tarif premi asuransi
1. Tarif standar DAI
2. Tarif maskapai (tergantung perusahaan asuransi masing2)

Dasar2 penetapan suku premi berdasarkan ketentuan DAI :
kelompok I :Kendaraan pengangkut barang penumpang, terdiri dari : sedan, jeep, landrover, station wagon, utk :
 Penggunaan pribadi atau dinas
 Disewakan dgn pengemudi sendiri
 Disewakan tanpa pengemudi sendiri
kelompok II : Bis & kendaraan pariwisata, yg tebagi atas :
 Penggunaan pribadi (tanpa ongkos atau menerima imbalan jasa)
 Penggunaan komersial dgn ongkos / menerima imbalan jasa
kelompok III : Kendaraan bermotor pengangkut barang, yg terbagi atas :
 Utk mengangkut barang tertanggung sendiri (tdk disewa / tanpa menerima imbalan jasa)
 Disewakan dgn menerima imbalan jasa
 Kendaraan pengangkut barang lebih dari 5 ton & dump truck tdk disewakan
 Kendaraan pengangkut barang lebih dari 5 ton & dump truck disewakan
kelompok IV : Sepeda motor, sepeda kumbang, & scooter terbagi atas :
 Sepeda motor & sepeda kumbang s/d 50 CC
 Sepeda motor & sepeda kumbang lebih dari 50 CC s/d 125 CC
 Sepeda motor lebih dari 150 CC


Dasar penetapan suku premi di Inggris :
 Klas I
Penggunaan utk sosial, domestic, pesiar & utk bisnis tertanggung kecuali pengguanaan utk disewakan atau komersil, balap, kompetisi, rally atau trial

 Klas II
Penggunaan utk sosial, domestic, pesiar & utk bisnis tertanggung, karyawan tertanggung atau sahabat tertanggung kecuali pengguanaan utk disewakan atau komersil, balap, kompetisi, rally atau trial
 Klas III
Penggunaan utk sosial, domestic, pesiar & utk bisnis tertanggung, karyawan tertanggung atau sahabat tertanggung kecuali pengguanaan utk disewakan atau komersil, balap, kompetisi, rally atau trial atau mengangkut penumpang sewa

Kewajiban tertanggung apabila terjadi kerugian :
1. Kewajiban Implied
 Tertanggung harus bertindak seolah2 kendaraan tsb tdk diasuransikan
 Mengambil tindakan yg wajar utk mengurangi kerugian
 Tdk menghalangi tugas pemadam kebakaran
2. Kewajiban Express
 Memberitahukan segera kpd penanggung
 Menyerahkan bukti2 yg ada

Rebate / potongan / penurunan premi :
1. Voluntary Excess
Tertanggung dpt memilih jumlah excess sbg retensi sendiri utk setiap kerusakan/kerugian & penanggung memberikan discount yg diatur menurut besarnya excess yg dipili tertanggung. Ch : excess $50 = discount 10%, excess $75 = discount 12,5%
2. Restriction of Driving
Penanggung akan memberikan discount kpd tertanggung jika adanya pembatasan terhadap pengendara
3. Restriction of Use
Penanggung dpt memberikan penurunan premi jika ada batasan penggunaan kendaraan, misalnya kendaraan hanya digunakan utk sosial domestik, penggunaan dari rmh ke kantor
4. More than one car insured
Penanggung akan memberikan discount jika kendaraan yg diasuransikan lebih dari jumlah yg ditetapkan & discount lebih besar jika kendaraan tsb tdk pernah digunakan sekaligus. Misalnya kendaraan ada 5 buah tetapi tertanggung hanya menggunakan 1 buah tiap hari secara bergantian

Contingent Liability adalah tanggung jawab yg dibebankan kpd perorangan atau perusahaan disebabkan kecelakaan akibat perbuatan orang atau orang2 yg bukan pegawai sendiri.

Disclaimer Notice adalah pemberitahuan penanggung kpd tertanggung ttg penolakan tanggung jawab / penolakan membayar klaim karena adanya pelanggaran / kondisi yg tdk sah menurut hukum & prinsip2 asuransi

Fleet discount adalah potongan yg diberikan dlm hubungan pertanggungan kendaraan bermotor, kapal dll yg berjumlah besar, potongan gugus.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Indonesian Open University studentut Online Kammarkollegiet Swedish State's Insurance Institute Affairs Education